Istana KSJ – Seorang ibu rumah tangga yang berinisial “NS” yang dipasung selama tiga tahun beralamat di Kp Cibayawak Desa Langensari Kec. Sukaraja Kabupaten Sukabumi, sore hari ini 24/11/2018 dibebaskan oleh relawan Istana KSJ.

“NS” adalah seorang ibu rumah tangga beranak 2 dan sudah ditinggal suaminya. Ia mengalami gangguan jiwa sekitar 7 tahun sebelumnya. Selama sakit ia tidak mengenal diri, agresif, sering menyerang orang lain bahkan sering mengancam ibunya dengan membawa pisau untuk membunuhnya. Keluarga sudah berupaya melakukan pengobatan dengan membawanya ke paranormal dan pengobatan alternatif lainnya. Upaya ini tidak berhasil sehingga pihak keluarga akhirnya mengurungnya dalam kamar dalam tiga tahun terakhir dan tanpa pengobatan.

Tim relawan Istana KSJ setelah laporan kasus pasung ini segera melakukan pendekatan terhadap keluarga korban bekerjasama dengan aparat desa setempat. Edukasi kesehatan jiwa disampaikan relawan Istana KSJ kepada keluarga dan setelah keluarga menyadarinya serta memberikan izin maka tim relawan Istana KSJ melakukan evakuasi “NS” untuk dilakukan perawatan di Panti Sosial Istana KSJ.

Setelah Tiga Tahun Dipasung, Sorang Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Dievakuasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *