Istanaksj.or.id – DUA dari empat orang penderita gangguan jiwa warga Kampung Pamoyanan Lebak RT 002/017, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur akhirnya di evakuasi relawan dari Istana KSJ di Cianjur, Minggu (4/2/1018).

Evakuasi warga penderita gangguan jiwa yang diketahui merupakan satu keluarga itu, dilakukan agar mereka mendapatkan perawatan dan pengobatan yang maksimal dari tim medis yang disediakan oleh Istana KSJ di Cianjur.

Relawan Istana KSJ di Cianjur, Yuli Hendrika Sugiharti mengungkapkan, upaya yang dilakukan terhadap dua orang penderita gangguan jiwa itu untuk memenuhi hak mereka dalam mendapatkan kehidupan yang layak.

“Boleh dilihat, tempat tinggal yang mereka diami sudah sangat tidak layak. Kami, ingin mereka dapat kembali sehat dengan membawa mereka ke panti untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan,” ungkap Yuli, kepada wartawan, Minggu (4/2/2018).

Sebelum dilakukan proses evakuasi, jelas Yuli, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan perwakilan tokoh warga setempat (RT, red). “Kami evakuasi dua orang dulu, karena dua orang lainnya masih berkeliaran di luar,” jelasnya.

Yuli menjelaskan, pihaknya akan mencarikan bapak asuh bagi para penderita yang telah dievakuasi ke panti. Sebab, ucap dia, biaya pengobatan untuk para penderita gangguan jiwa membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Kami carikan mereka bapak asuh, sehingga pemenuhan obat bagi mereka dapat terjamin hingga mereka sembuh. Mereka tidak hanya membutuhkan obat tapi juga perhatian dari orang-orang sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Siti Jenab, ibu dari penderita gangguan jiwa, menyebutkan, keempat orang anaknya itu mulai mengalami gangguan jiwa setelah bapaknya meninggal dunia. “Tak tahu penyebabnya apa, tapi mereka satu persatu mulai mengalami gangguan jiwa setelah bapaknya meninggal.       Sudah semnpat dibawa berobat, tapi tidak tuntas karena tak ada biaya,” kata Jenab.(*)

Source: http://www.beritacianjur.com

Sumber Foto: Angga Purwanda/BC

Kembali TRC Istana KSJ Evakuasi Penderita Gangguan Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »