Cianjur- Tim gabungan dari relawan Istana KSJ dan Puskesmas Cipendawa berhasil mengevakuasi AH (20) warga desa Sukatani, Kecamatan Pacet yang mengalami gangguan jiwa. AH ternyata sudah 7 tahun menderita gangguan jiwa.

Nurhamid Karnaatmaja, Ketua Istana KSJ yang beralamat di Padarincang, Desa Palasari, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur mengatakan bahwa berdasar laporan dari warga, AH dalam keshariannya sering mengganggu kenyamanan warga sekitar.

“Kami dari tim Relawan Istana KSJ bersama Puskesmas Cipendawa mendatangi rumah AH untuk mengevakuasi dan membawanya ke Istana KSJ” tegas Nurhamid Karnaatmaja. (14/7/2019).

Nurhamid mengatakan untuk menunjang kesehatannya, AH saat ini memang sudah memiliki fasilitas Kartu Indonesia Sehat (KIS). “Di Istana KSJ, nantinya AH akan mendapatkan hak-haknya sebagai manusia seperti biasanya dan tidak akan dibeda-bedakan” ujarnya.

Istana KSJ merupakan rumah atau panti rehabilitasi bagi para ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Menurutnya, keinginannya untuk mengobati para ODGJ terlebih yang dipasung karena membahayakan warga sekitar merupakan suatu tantangan yang menarik demi kemanusiaan.

Dikatakan Nurhamid, mereka yang dipasung memiliki hak yang sama seperti manusia pada umumnya. :ODGJ pun butuh perhatian yang lebih dari kita, dan apabila diperlakukan dengan tidak layak, penyakit kejiwaannya bukannya sembuh melainkan akan lebih terpuruj” katanya.

Untuk pengobatan ODGJ itu sendiri lanjut Nurhamid, tidak menggunakan kekasaran melainkan melalui pendekatan medis dan sentuhan dari hati kehati, “Kita Manusiakan Manusia. Dengan begitu ODGJ tersebut akan membuka kesadarannya dan dipastikan akankembali normal” tegasnya.

Nurhamid mengatakan, apabila mendapati ODGJ di jalanan atau dimanapun itu agar kita tidak mengucilkannya karena pada dasarnya mereka memiliki hati dan perasaan yang sama seperti manusia pada umumnya.

sumber: Jabar Ekspres

 

Istana KSJ Berhasil Evakuasi ODGJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป