Relawan Istanaksj kembali lakukan aksi sosial pembebasan pasung atas “H”, seorang gadis berusia 23 tahun di Muara Cikadu Sindangbarang, Jawa Barat, Indonesia. Gadis menderita gangguan sejak usia 10 tahun dan warga terpaksa melakukan pemasungan dengan mengikat kaki dan tangan “H” dengan rantai karena dia berperilaku agresif dan sering merusak dan barang-barang milik warga, rumah yang ia huni pun dihancurkannya. Ayahnya sudah meninggal dan sekarang ia tinggal dan diurus oleh ibunya yang juga sama2 menderita gangguan jiwa.

 

Pemasungan yang dilakukan warga tak lepas dari faktor ketidaktahuan masyarakat terhadap penyakit, juga karena faktor ketidakmampuan ekonomi, dan tentunya juga masih minimnya tingkat layanan dasar kesehatan jiwa bagi masyarakat.

Gangguan jiwa bisa disembuhkan dan “H” masih punya masa depan. Untuk itulah Istanaksj melakukan upaya evakuasi “H” untuk ditangani lebih lanjut pengobatan medis dan rehabilitasi sosialnya.

Terima kasih  Brspdm Phala Martha dan Bagong Mogok – BM Social Community dan semua pihak yang telah membantu kegiatan aksi kemanusian ini.

(Sindangbarang, 23 Desember 2018)

Gadis usia 23 tahun dibebaskan dari pasungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *