Cianjur – Tim Istana KSJ bersama Dinsos Cianjur dan Brspdm Phala Martha beserta aparat pemerintahan Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan dan Puskesmas Naringgul melakukan pembebasan dua orang penderita gangguan jiwa  yaitu “BB” laki2 berusia 39 thn dan “ET” wanita berusia 40 tahun yang sudah lebih 13 tahun mengalami pemasungan, keduanya warga Desa Margasari Naringgul.

Ketua Istana KSJ Cianjur, Nurhamid di Cianjur, Selasa, mengatakan sebelumnya pihaknya mendapat laporan keberadaan dua orang warga di desa tersebut mengalami ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dan terpaksa di pasung karena meresahkan.

Setelah mendapkan laporan tersebut, katanya, pihaknya mengirim tim ke lokasi untuk memastikan keberadaan keduanya. Bersama tim dari kemeterian dan aparat terkait lainnya, langsung melakukan pembebasan kedua orang yang sudah dipasung sejak belasan tahun lalu.

“Keduanya langsung kita bawa ke Istana KSJ di Cianjur yang merupakan pusat rehabilitasi sosial penyandang disabilitas mental, untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan hingga sembuh dan kembali ketengah masyarakat sebagai warga normal lainnya,” kata Nurhamid.

Hingga saat ini, tutur dia, berdasarkan data dan laporan dari pihak desa, hanya dua orang warga di wilayah tersebut yang mengalami ODGJ pasung dan telah dibebaskan.

Harapannya hal serupa dilakukan berbagai pihak mulai dari tingkat kampung dan desa, segera melaporkan jika ada warganya yang mengalami ODGJ pasung, untuk segera dibebaskan dan mendapatkan perawatan dan bantuan pengobatan.

Kepala Desa Margasari, Azid mengatakan sejak mendapat imbauan dari pihak kecamatan beberapa waktu lalu, pihaknya langsung melaporkan keberadaan dua orang warga yang mengalami ODGJ pasung ke dinas terkait melalui kecamatan.

“Kami sangat bersyukur laporan langsung ditanggapi. Harapan kami sertelah mendapat pengobatan keduanya dapat kembali hidup normal seperti warga lainnya,” kata dia.

Semoga mereka berdua dapat kembali sembuh dan bisa beraktifitas lagi sebagaimana mestinya.

(Naringgul, 22 Juli 2019)

Dua Orang Korban Pasung di Cianjur Selatan Dibebaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »